Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Our Story (4 of 6)




Sivia POV


Senin, 1 November 2010


Gue berjalan menyusuri koridor sekolah baru gue. Gue siswa baru di sini. Gue muter-muter nyari Ruang Kepala Sekolah. Dan akhirnya, ketemu juga. Gue masuk ke dalem Ruang Kepala Sekolah tepat saat bel pertanda kegiatan pembelajaran dimulai berbunyi nyaring. Di dalem, udah ada seorang wanita duduk di meja kerjanya dengan anggun. Dia senyum ke arah gue dan gue ngebales senyumnya tadi dengan penuh rasa hormat. Gue ampirin dia dan duduk tepat di depannya, sudah ada dua buah kursi di sana. Gue ngelirik tanda pengenal yang nempel di dada kirinya. Ira Maya Sopha. Oke, Kepala Sekolah baru gue namanya Bu Ira. Kalo diliat-liat sih orangnya baik dan sabar. Semoga aja kayak gitu.


“Kamu Sivia ya?” tanya beliau sambil tetep tersenyum.


“Iya bu.. Saya yang pindahan dari Bandung” jawab gue dengan sopan.


Bu Ira langsung berdiri dan mengajak gue ke kelas baru gue, XI IPA 1. Ga nyangka juga sih kalo gue bakalan masuk kelas IPA. Di sekolah gue yang lama kan gue masuk kelas IPS. Gue jalan bersebelahan sama Bu Ira. Di jalan menuju kelas baru gue, Bu Ira ngejelasin setiap ruangan dan tempat yang kita lewati. Sekolah baru gue ternyata gede banget. Banyak pohon rindang di mana-mana. Gue pikir, gue bakalan betah di sekolah baru gue ini. Kita berdua berhenti di koridor dekat taman. Di depan kami udah ada kelas dengan papan bertuliskan XI IPA 1. Bu Ira ngajak gue buat masuk ke dalem. Dengan senang hati, gue ngikutin Bu Ira buat masuk ke kelas baru gue.


Sekarang waktunya gue buat ngenalin siapa gue ke temen-temen baru gue, “Perkenalkan. Nama saya Sivia Azizah. Cukup panggil Via aja. Pindahan dari Bandung” kata gue dengan tersenyum manis.


Gue ngedarin pandangan gue ke semua sudut kelas ini. Pandangan gue terantuk ke seorang cewek dengan kulit hitam manis dan rambut panjangnya. Dia Zevana! Tetangga gue. Asyik, gue bakalan sekelas sama dia. Gue senyum ke dia dan dia ngebales senyum gue. Bu Ira nyuruh gue buat duduk tepat di depan Zevana. Gue jalan ke tempat duduk gue. Di sana udah ada cewek dengan jilbabnya. Namanya Rahmi. Gue duduk di sebelahnya. Ga lama, bel tanda istirahat pun berbunyi. Zevana ngajak gue buat ke kantin bareng dia. Gue iya-in aja. Di jalan, dia nyeritain semuanya. Tentang dia, tentang sekolah ini, tentang sahabatnya, dan tentang cowoknya.


Kita duduk di salah satu meja kantin yang udah diisi sama tiga orang. Dua orang cowok dan seorang cewek. Zevana nunjuk salah satu cowok, dia bilang kalo itu adalah cowoknya. Cowok oriental dengan senyum coolnya, Zevana bilang dia Alvin. Nah itu, cowoknya. Gue inget kalo gue pernah nabrak Alvin waktu di mall. Yang satunya, yang duduk di sebelah Alvin, namanya Cakka. Cowok dengan pipi chubby. Dan, cewek yang duduk tepat di depan Cakka adalah adik kelas mereka. Namanya Oik. Cewek dengan wajah manis yang sedari tadi menundukkan kepalanya. Zevana bilang kalo harusnya masih ada satu cowok dan satu cewek lagi. Rio dan Ify. Mereka berdua lagi dipanggil Bu Ira, kata Zevana.


Baru sebentar kita duduk, Zevana udah ribet sama ponselnya. Setelah baca SMS, dia langsung lari sambil nutupin sebagian wajahnya. Kayak orang nangis. Oik berusaha buat ngejer dia. Gue sih ga, gue kan punya asma. Ya gue ga mau aja kalo asma gue kambuh. Gue ga mau bikin temen-temen baru gue kesusahan gara-gara penyakit gue. Ga lama, Oik balik dengan keringat bercucuran di dahinya. Napasnya juga ga beraturan. Persis banget kayak gue kalo lagi asma. Wait! Asma? Jangan-jangan Oik punya asma! Bener aja, Alvin sama Cakka langsung ribet. Alvin lari ke kelas Oik buat ngambil obatnya. Cakka ngusep-ngusep punggung Oik.


Alvin balik dengan obat dan sebotol air mineral di tangannya. Dia langsung nyodorin obatnya ke Cakka dan air mineralnya ke Oik. Cakka ngebuka obat itu dan langsung nyuruh Oik buat minum. Selang beberapa menit, keadaan Oik mulai membaik. Gue langsung nganter dia buat ke kelasnya. Cakka sama Alvin ngikutin gue dari belakang. Setelah sampai di kelas Oik, gue langsung ngedudukin dia di bangkunya. Cakka nyerahin obat dan air mineral tadi. Sebelum beranjak, Cakka ngelus rambut Oik dulu. Setelah itu, kita bertiga langsung balik ke kelas masing-masing karena bel udah bunyi.


Sampai di kelas, Zevana belum balik juga. Ga tau ke mana. Setelah sejam pelajaran berlangsung, Zevana dateng dengan keadaan berantakan. Kayak orang abis nangis. Dia langsung ngambil tasnya. Sekilas dia ngelirik gue dengan sinisnya. Gue ga ngerti ada apa. Gue juga ga ngerasa kalo gua ada salah sama dia. Biar deh. Ntar gue bakalan coba tanya sama dia. Gue pengen cepet-cepet pulang dan ngampirin Zevana ke rumahnya. Gue khawatir sama keadaannya. Gue ga mau kalo sampai sahabat baru gue kenapa-kenapa. Setelah nunggu sekian lama, bel tanda pulang akhirnya bunyi. Gue langsung ngibrit pulang.


Setelah sampai rumah, gue langsung ke rumah Zevana yang tepat berada di samping rumah gue. Rumah Zevana keliatan sepi banget dari luar. Gue ketuk pintunya pelan-pelan. Ternyata pembokatnya Zevana yang keluar. Gue tanya ke dia soal Zevana. Gue bilang kalo gue pengen ketemu Zevana. Si pembokatnya Zevana langsung bilang kalo Zevana lagi ga enak badan. Makin khawatir gue sama Zevana. Pembokatnya Zevana juga bilang kalo Zevana lagi ga bisa diganggu. Gue langsung pulang. Dari kamar gue, samar-samar gue denger ada suara tangisan. Kayak suara Zevana sih.


^^^


Selasa, 2 November 2010


Hari ini, gue berangkat sekolah dengan males-malesan. Setelah sampai di sekolah pun, gue tetep males. Bangku Zevana kosong sampai sekolah berakhir. Hari ini Zevana ga masuk. Gue kesepian. Gua langsung pulang dengan menaikki taxi. Kebetulan hari ini nyokap gue ga bisa jemput. Setelah sampai di rumah, gue langsung ke kamar gue. Gua ganti baju dan duduk-duduk di balkon kamar gue. Gue pasang headset dan ngencengin volume iPod gue. Ga perduli kalo pembokat atau kakak gue manggil. Bodo amat. Gue lagi badmood.


Entah mata gue yang rada seliwer atau gimana, gue lihat Zevana pulang dari sekolah. Tapi ada yang beda. Raut wajahnya nunjukkin kalo dia lagi mendem kesedihannya. Dan, seragam Zevana beda sama seragam gue! Itu berarti, Zevana pindah sekolah. Tapi kenapa? Apa penyebab kesedihannya adalah sesuatu hal yang nyangkut tentang sekolah? Gue ga tau. Baru aja kemarin gue seneng karena ternyata dia adalah temen sekolah gue, bahkan sekelas. Dan sekarang, secara tiba-tiba, Zevana pindah sekolah. Dia juga ga ngabarin apapun sama gue.


^^^


Rabu, 3 November 2010


Gue segera keluar dari rumah dan menuju mobil nyokap gue. Hari ini gue dianter sama nyokap. Di jalan, pandangan gue kosong. Otak gue masih penuh sama Zevana. Gue aja sampai ga nyadar kalo ternyata udah sampai di sekolah. Nyokap yang ngebangunin gue dari lamunan gue. Gue langsung turun dari mobil dan berjalan gontai ke arah kelas gue. Gue kangen Zevana. Gue pengen Zevana ada di sini. Setelah sampai di kelas, gue taruh tas gue. Sekilas lihat ke arah jam tangan gue. Masih jam enam pagi. Gue dateng terlalu pagi, rupanya.


Tau-tau Oik muncul dari pintu kelas gue. Dia berjalan ke arah gue. Dia dengan seenaknya langsung narik gue keluar kelas. Kita menuju kantin. Kantin pagi itu masih sepi. Cuman ada beberapa siswa yang sedang sarapan karena mungkin tak sempat sarapan di rumah. Gue sama Oik duduk di salah satu meja kantin yang agak terpencil. Mungkin gue bisa nanya tentang Zevana ke dia. Dia kan emang sahabatnya Zevana. Oik bilang kalo dia butuh ngobrol serius sama gue. Tentang Zevana.


“Oik, lo tau ga kenapa Zevana pindah sekolah?” tanya gue, serius.


“Kak Via, ini semua tuh gara-gara kakak tau ga!” ujarnya dengan emosi, “Kak Via yang bikin Kak Zeva pindah! Kak Via yang bikin Kak Zeva nangis semaleman! Ini gara-gara kakak! Gue ga tega liat Kak Zeva nangis kemarin. Kakak harusnya ngerti dong” lanjut Oik, semakin melemah diakhir perkataannya. Jujur, gue kaget sama perkataan Oik tadi. Gara-gara gue? Maksudnya?


“Maksud lo apaan sih, Ik?” tanya gue dengan suara tertahan.


“Kakak tau Kak Alvin kan? Dia itu cowoknya Kak Zeva semenjak dua tahun yang lalu. Dan mulai kemarin, Kak Alvin mutusin Kak Zeva. Cuman gara-gara kakak!” serunya.


Speechless. Gue ga nyangka kalo seumpamanya akar dari kesedihan Zevana itu gue. Maaf, Ze. Gue ga ada maksud buat nyakitin perasaan lo atau apa. Alvin yang mutusin lo. Mungkin gue juga kudu jujur, gue juga sayang sama Alvin. Sejak pertama kali gue ketemu sama dia. Gue ga ngerti kalo dia itu cowok lo. Sebisa mungkin gue bakalan ilangin perasaan gue buat Alvin. Gue lebih milih lo dari pada Alvin. Lo sahabat gue, Ze. Gue harap lo bakalan nemuin seseorang yang berkali-kali lipat lebih baik dari pada Alvin.


Alvin dan Cakka dateng dari pintu masuk kantin. Gue dan Oik mengakhiri perdebatan pendek ini. Gue perlu ngomong sama Alvin. Tapi mungkin ga di sini, ga didepan Oik dan Cakka. Alvin dan Cakka langsung ngampirin gue dan Oik. Alvin duduk di sebelah gue dan Cakka duduk di sebelah Oik. Gue lihat Oik berusaha ngegeser badannya biar ga terlalu deket sama Cakka. Mereka pasti juga punya masalah. Itu bisa diurus nanti. Sekarang, gue pengen nyelesaiin masalah gue. Masalah antara gue, Alvin, dan Zevana.

“Vin, kenapa lo mutusin Zevana?” tanya gue dingin.

“Karena gue sayang sama lo” jawab Alvin sambil megang tangan gue.


Cakka shock ngedengernya. Mungkin dia belom tau kalo Alvin sama Zevana udah putus. Oik ngebisikin sesuatu ke telinga Cakka. Cakka manggut-manggut dan narik tangan Oik buat pergi dari sini. Gue seneng karena mereka berdua bisa ngehargain privasi gue dan Alvin. Cakka dan Oik semakin menjauh dari tempat gue dan Alvin. Akhirnya gue bisa ngobrol berdua sama Alvin. Baru aja gue mau ngomong, si Alvin udah nyela duluan..


“Vi, lo tau dari mana kalo gue mutusin Zevana?” tanya Alvin lembut.


“Ga penting gue tau dari mana. Yang penting, kenapa lo bisa sayang sih sama gue?!” tanya gue dengan nada meninggi, lebih cocok kalo disebut membentak mungkin.


“Gue sendiri ga tau. Tapi yang gue tau, gue beneran sayang sama lo” jelasnya.


“Harusnya lo bisa ngendaliin hati lo dong! Lo liat sekarang! Zevana pindah sekolah gara-gara lo mutusin dia! Apa lagi gue tau kalo kalian udah jalan dua tahun! Gue ga enak sama Zevana! Lo bisa ngertiin itu ga sih?!” bentak gue.


Dia nunduk. Mungkin dia ngerasa bersalah sama Zevana. Sesaat, dia ngedongakkin lagi kepalanya. Kali ini dia natap gue, dalem. Gue ga bisa ngilangin rasa ini. Bahkan, rasa itu makin dalem buat Alvin. Sorry, Zevana. Gue emang bukan sahabat yang baik. Pagi itu, Alvin nembak gue. Dan ga tau dapet ilham dari mana, gue nerima dia. Perasaan gue campur aduk. Antara seneng dan ngerasa bersalah. Seneng karena gue bisa jadian sama cowok yang gue sayang. Ngerasa bersalah karena cowok itu mutusin ceweknya cuman buat gue, dan ceweknya adalah sahabat gue sendiri.


^^^


Kamis, 4 November 2010


Pagi ini, gue berangkat sekolah bareng Alvin. Gue langsung turun dari boncengan motor Alvin waktu kita udah sampai di sekolah. Gue dan Alvin berjalan beriringan menuju kelas gue. Gue naruh tas dan langsung ngampirin Alvin ke kelasnya. Di sana udah ada Alvin, Cakka, dan Oik. Mereka bertiga keliatannya lagi ngobrol serius. Gue gabung ga ya? Gabung, ga, gabung, ga, gabung aja deh. Gue ngampirin mereka bertiga dan nyapa mereka bertiga dengan ramah.


“Oh, udah jadian ya sama Kak Alvin?” cibir Oik.


“Wah, Zevana gimana ya? Zevana kasian ya, Ik?!” sambung Cakka.


Alvin hampir aja mau ngebales perkataan mereka berdua tadi. Tapi gue cegah dia. Gue sadar kalo ini emang salah gue. Suasana mendadak jadi dingin. Alvin yang berusaha buat ngontrol emosinya, Cakka yang masih natap gue sinis, Oik yang masih ngedumel sendiri, dan gue yang masih keinget sama Zevana. Gue beneran ga enak sama Zevana. Berasa jadi backstabber gue sekarang. Secara ga langsung, gue udah nusuk Zevana dari belakang. Andai aja gue ga ketemu Alvin waktu itu. Seandainya..


Cakka langsung berdiri dan ngajak Oik buat keluar. Bel bentar lagi bakalan bunyi. Cakka nganterin Oik ke kelasnya. Mereka mirip orang pacaran padahal mereka cuman sahabatan. Mereka keluar kelas dengan emosi yang masih membara untuk gue. Gue emang salah kok. Suasana jadi hening. Gue dan Alvin ga ngomong apa-apa. Sampai akhirnya Alvin berdiri dan ngajak gue buat balik kelas gue. Dia nganterin gue ke kelas gue, persis kayak Cakka sama Oik tadi.


Di jalan menuju kelas gue, semua mandang ke arah gue dan Alvin dengan tatapan yang bener-bener ga enak. Beberapa di antara mereka bahkan pada bisik-bisik. Ngomongin gue dan Alvin. Kuping gue panas denger opini dari mereka. Tapi mau gimana lagi, semua yang mereka omongin emang bener. Alvin terus ngegandeng tangan gue. Dia mempererat genggamannya waktu denger opini semua temennya tentang gue. Ga lama, ponsel gue geter. Gue langsung ambil. Ternyata SMS.. Dari Zevana.


From : Zevana


Selamet ya karena lo udah jadian sama Alvin. Longlast ya ;)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar