Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Adekku Artis Dadakan (Part 1)


Sumpah, aku masih ngantuk banget nget nget. Gimana ga coba? Kemaren mama, papa, ama adek ‘tersayang’ aku ngajakin nonton.. Midnight pula! Jadi deh aku sekeluarga ngendonin tuh mall nyampek tengah malem.

Dan inilah Surabaya, kota saya tersayang, kalo makin malem ya makin adem aja. And unfortunately, pas banget aku lagi ga pake jaket. Gila aja dong kalo aku minjem jaket punya mama, papa, ato Ozy? Nih jidat bisa bonyok mendadak!

***

06.30

Alarm kesayangan punyaku yang bentuknya kelinci itu udah tereak-tereak ga jelas. Emang kalo hari libur kayak gini tuh alarm aku set jam 06.30. Aku kan pengen bisa bangun rada siangan gituu *plaakkk*

“Kak! Bangun dong hoy!” si Ozy bener-bener ga nyante ngegedor pintu kamarku.

“Apa sih Zy?! Masuk aja kali” tereakku, dengan suara rada ga jelas tentunya.

Cklek.. Aku denger pintu kamarku dibuka sama si Ozy. Abis ngebuka tuh pintu, dia langsung aja ngebuka gorden di kamarku dan narik selimut kesayanganku. Alhasil aku kesilauan sangat sama tuh sinar matahari yang kagak nanggung-naggung terangnya.

“Kak, bangun dong! Udah jam setengah tujuh nih!” tereak dia pas di samping telingaku.

Hm? Dia ga sopan ngomong gitu ke aku? Udah biasa kali.. Dia ogah banget kalo disuruh ngomong sopan ke aku. Kenapa? Dia pasti jawab gini, “Ngapain juga aku kudu ngomong sopan ke kakak? Kita cuman beda setahun tuh..” dia ngomong gitu berasa ga ada dosa sama aku. Ngeselin kan? Aku aja males punya adek kayak dia tuh *plaakkk*

Dia terus-terusan tereak kayak gitu di telingaku sampek akhirnya aku ngebuka mata, ngucek-ngucek tuh mata, dan ngumpulin nyawa yang masih asyik sama asyiknya mimpiku tadi.

Setelah semua nyawaku selese main-main ama mimpiku dan balik ke aku, aku langsung bangun dan ngambil kaca mata di laci samping tempat tidurku.

Ga lama, si Ozy udah nyembur lagi.. “Kak, mendingan kakak mandi terus cepet turun dan sarapan bareng mama papa deh!”

“Iya. Ya udah deh sih, turun gih! Kakak mau mandi dulu” suruhku ke Ozy.

Setelah Ozy keluar dari kamarku, aku langsung tutup pintu kamarku, buka almari baju, ngambil baju asal-asalan, dan capcus ke kamar mandi di dalem kamarku. Tapi akhirnya aku keluar kamar mandi lagi, ngidupin tape, dan balik masuk ke kamar mandi lagi.

Lagu-lagu dari Lenka ngalun gitu aja dari tape kamarku itu.. Trouble Is A Friend, lagunya Lenka yang satu itu emang bagus banget. Ga salah dong kalo aku suka tuh lagu?

Yah kayak cewek-cewek pada umumnya lah, aku mandinya emang –ehm- lama. Setelah aku selese mandi dan make baju, aku langsung ngibrit ke depan meja riasku. Aku ngaca, mastiin dandananku ga freak, nyisir, semprot parfum ke badanku.

Nice! Not bad, Oik. Aku langsung aja keluar kamar dan menuju ke ruang makan sebelum Ozy nyembur aku lagi kayak waktu itu.

Kenapa aku males dengerin ocehan Ozy? Karena kalo dia udah nyembur, bisa kali ya sejam dia ngoceh kagak abis-abis! Panas kupingku dengerin ocehannya yang itu-itu aja. Ga variatif!

“Pagi ma, pa, Zy..” sapaku ke mereka bertiga waktu mereka lagi dengan enaknya sarapan, tanpa aku.

Tanpa nunggu jawaban dari mereka bertiga yang lagi sibuk ngunyah rotinya masing-masing, langsung aja aku duduk di kursi yang emang biasanya aku dudukin.

Dan ga nunggu lama-lama lagi, aku langsung aja ngambil selembar roti tawar tanpa kulit dan ngolesin salah satu sisinya pake selai kesayanganku.. Yup! Selai coklat! Langsung aku makan deh tuh roti bikinanku. Yummy!

Setelah aku selese makan dan minum hot choco-ku, mama noleh ke aku, ngeliatin aku dari atas ke bawah – bawah ke atas dengan tatapan aneh dan tanya, “Loh Ik, kok kamu masih pake baju santai gitu sih?”

Hah? Maksud mama apaan sih? Emang hari ini aku ada janji mau jalan sama orang? Ga deh! Terus maksud mama apaan dong?

“Hah? Emang ada apaan ma?” tanyaku balik ke mama.

Belom selese kebingunganku, mama jawab pertanyaanku barusan dan bikin aku makin bingung, “Hm? Kamu belom dikasih tau sama Ozy?”

Apa lagi dah nih? Kalo sampek Ozy kelupaan ngasih tau aku something, awas aja tuh anak! Bisa kali tuh dia aku jadiin ‘Ozy Guling’ dan aku jual di depan rumah.

“Ozy! Kamu kelupaan ngasih tau apa ke aku hah?!” ga tanggung-tanggung, langsung aja aku semprot tuh adekku satu-satunya.

“Ehehe.. Sorry kak! Aku lupa ngasih tau kalo hari ini kita ada arisan keluarga di rumah saudara” kata Ozy dengan tampang sok ga ada dosa.

Pletaaak..

Aku cuman bisa nahan emosi dan merutuki kepikuan adekku ini dalam hati.

“Ah, ya udah deh. Ma, pa, Oik mau ke kamar aja. Mau ganti baju” jutekku –ehm- sok jutek sih sebenernya.

Aku naik ke atas, buka pintu kamar, dan langsung menuju almari baju. Aku buka tuh almari, ambil short dress warna putih polkadot-polkadot item. Selese ganti baju, aku ngaca dan ngebenahin dandanan yang udah agak berantakan.

Nice! Langsung ngambil flat shoes putih polos dan turun lagi ke bawah.

***

Di Mobil..

Dengan santainya mama nyuruh papa berhentiin mobil. Karena papaku gampang kaget, jadi deh dia ngerem ndadak. Aku yang lagi asyik tweeting di hape jelas ngedumel dong gara-gara tingkah mama barusan.

“Lah pa, kok ngerem ndadak sih?” Ozy yang lagi asyik ngegame pake PSP itemnya langsung protes ke papa.

“Ga tau itu mama..” jawab papa sambil mengedikkan bahunya ke mama.

“Tunggu bentar ya! Mama mau beli buah dulu buat saudara kita di toko seberang jalan” mama langsung ngebuka pintu mobil dan nyebrang gitu aja.

Aku sama Ozy sih sebodo amat sama mama. Aku tetep tweeting dan Ozy tetep ngegame.

Ga nyampek 15 menit, mama udah balik lagi dengan satu parcel buah di tangan kanannya. Kenapa aku ga dibeliin juga sih?! Envy deh nih..

Mobil kita belok sana – belok sini sampek akhirnya masuk ke suatu jalan bertuslikan JL HAYAM WURUK.

Awalnya sih aku ga perduli, sampek akhirnya..

‘Wait wait! JL HAYAM WURUK? Deketnya JL BRAWIJAYA dong ya? Sip!’ teiakku dalam hati.

Ckiiiiittt.. Rem mobilku bunyi dan itu nandain kalo aku dan keluargaku udah nyampek di rumah saudara kita. Langsung kita turun dari mobil.

Mama, papa, dan Ozy langsung masuk ke rumah saudara kita , sedangkan aku noleh kanan- kiri dulu. And finally, di ujung gang rumah saudaraku ada taman!

‘Kayaknya asyik ya kalo aku ke sana..‘ ucapku dalam hati. Aku bener-bener mupeng pengen ke sanaaaa.. Banyak pohonnya sih! Pasti adem deh.

Sampek akhirnya suara cempreng Ozy ngebangunin aku dari lamunanku tadi, “Kak Oik! Sini dong! Ga sopan banget sih!” dengan enaknya dia ngebentak aku.

Dia ga mikir apa kalo kakaknya dia itu aku?!

“Eh, yang ga sopan aku kok kamu yang sewot sih?! Lebay sekali dirimuuuu..” kataku sambil menghampiri Ozy yang lagi ngendon di deket pager rumahnya saudaraku.

“Udah deh kak, ga usah banyak ngomong ya. Masuk aja deh mendingan. Ga mau dimarahin papa mama kan? Yuk deh masuk bareng aku..” aku begidik ngeri sendiri gara-gara si Ozy ngomongnya sok manis banget. Dia lagi kesurupan hantu penunggu rumah saudaraku kali yaa *plaakkk*

Karena aku udah males debat ama si Ozy resek itu, akhirnya aku masuk juga.. Ya walupun karena terpaksa sih. Why? Karena aku lebih minat buat duduk-duduk ato main ayunan di taman ujung gang kompleks sini sambil tweeting.

Hm.. Pikiranku melayang lagi ke sana. Ngebayangin enaknya kalo aku lagi di sana. Ga di sini, tempat orang arisan keluarga. Swear! Ngebosenin banget deh di sini!

Pelan-pelan aku ngampirin mama yang lagi sibuk ngerumpi ama tante-tante yang lainnya, mau izin buat main ayunan aja di taman sana.

Biar deh ntar orang mau bilang aku MKKB ato apa, emang ada urusan? Ga kan?

“Mama, aku mau ke taman ujung situ ya? Aku bosen banget di sini!” kataku setengah berbisik.

“Ya udah, tapi nanti balik ke sini lagi ya..” balas mamaku.

“Ga janji deh ma.. Aku suntuk di sini. Mungkin mau di sana aja sampek acaranya selese”

“Terserah kamu..” kata mama, masa bodo banget sama aku.

Setelah dapet izin dari mama, aku langsung aja keluar rumah dan jalan ke taman ujung itu. Dan bener aja, suasananya nyenengin banget! Adem, sejuk, sepi, ga berisik! Betah deh aku lama-lama di sana. Aku cari ayunan dan langsung aku naikin.

Ngeluarin hape, tweeting sesuka hati deh..

@its_me_aren: Sumpah! Bete banget di rumah! Gak ada kerjaan T_T

‘Aren! Pas banget sih, baru juga aku mau mention dia. Untung deh dia lagi OL juga. RT ahh..’ pekikku dalam hati, kegirangan karena sahabatku, Aren, juga lagi OL Twitter.

@oikcahya_r: Ren, aku juga lagi boring to the max. Jalan yuk? RT
@its_me_aren: Sumpah! Bete banget di rumah! Gak ada kerjaan T_T


@its_me_aren: Emang kamu lagi di mana sih?! @oikcahya_r

@oikcahya_r: Lagi di Hayam Wuruk, ke Sutos yuk?! RT @Pussky_Aren:
Emang kamu lagi di mana sih?! @OikChoco


Aku ga peduli si Aren mau ngebales apa, aku Sign Out dari Twitter dan langsung nelfon dia. Ngajakin jalan ke Sutos.. Boring to the max, men!

***ONTHEPHONE:OIK-AREN***

O : “Ren, lagi di rumah kan?”

A : “Iya lah Ik! Beneran lagi di Hayam Wuruk?”

O : “Ho’oh.. Boring banget nih. Ke Sutos aja yuk?”

A : “Mau ngapain? Eh tapi iya deh, dari pada lontang-lantung ga jelas di rumah”

O : “Sip, aku ke rumahmu ya sekarang?”

A : “Okay, aku ganti baju dulu deh”

O : “Bye Ren!”

A : “Bye Ik!”

***ONTHEPHONE:END***

Selese OTP-an ama Aren, aku langsung balik ke rumah saudaraku itu dan ngampirin papa.

“Pa, aku mau jalan sama Aren. Boleh ya? Ke Sutos doang kok, deket sini”

“Aren? Rumahnya mana?”

“Itu, di Brawijaya. Boleh ya pa? Aku bosen di sini soalnya”

“Ya udah.. Nanti papa, mama, sama Ozy nyusulin kamu kalo udah selese acaranya”

“Oke pa.. Pa, aku ga bawa duit. Minta dong.. Hehe” nyengir lebar banget waktu minta duit.

Papa ngehela napas bentar dan -mungkin- dengan terpaksa mengeluarkan dompet kulitnya dan mengangsurkan dua lembar seratus ribuan ke aku. Wahaa, papa baik deh! Muah muah (?)

“Hehe.. Makasih pa! Oik ke tempat Aren dulu ya” pamitku.

Aku langsung ngacir gitu aja ke rumahnya Aren yang emang ga jauh-jauh amat dari rumah saudaraku-yang-aku-ga-tau-siapa-namanya-ini. Dari pada duit buat ke Sutos berkurang, mendingan aku jalan aja ke rumah si Aren.

Setelah kira-kira lima menit aku jalan, akhirnya sampek juga di rumah Aren. Aren udah stand by di depan rumahnya sambil make dress selutut warna putih plus tas mini warna item yang sama kayak warna sendalnya. Haha, sahabatku cuantiknyaa..

“Aren!” sapaku dengan nada riang.

“Oik! Dari mana aja sih? Lama banget tau ga!” oceh Aren sambil sesekali ngelirik jam tangan Levi’s-nya yang terpasang indah di tangan kanan Aren.

“Sorry sayaang.. Tadi ada gangguan dulu soalnya” kataku dengan cengiran lebar seperti biasa.

“Ya udah yuk, berangkat” ajak Aren.

Aren langsung ngacir gitu aja, ga perduli sama aku yang masih cengo dan diem di tempat. Mandangin dia yang lama-kelamaan makin ngejauh. Dan.. Akhirnya dia sadar kalo aku udah ga ada lagi di sebelahnya. Dia celingukan sana-sini dan noleh ke belakang.

“Ngapain masih ngendon di situ?” tanya Aren.

Hah?! Dia ga ngeliat aku cengo gini?! Aren emang ga sensitif, nyesel juga nih punya sahabat yang ga sensitif *pletak*

“Kita jalan gitu maksudnya?” tanyaku, masih cengo.

“Iya, mau naik apa? Lagian deket juga! Kamu lebay ih” cibir Aren.

Ga nunggu lama, si Aren udah narik tanganku dan ngegeret aku buat jalan. Bener sih kata Aren, Sutos emang ga jauh-jauh amat. Buktinya, kita nyampek sana ga lebih dari sepuluh menit setelah kita berangkat dari rumah dia.

“Nih, udah sampek kan?! Ga jauh kan?! Hmm..” sindir Aren.

Kita langsung aja masuk dan menuju ke XXI. Aku pengen nonton. Aku sama Aren langsung ke ticket box dan beli dua tickets buat nonton. Filmnya genre horror . Haha, I like it! Biarin deh ntar si Aren mau teriak gara-gara takut..

“Udah mau mulai tuh filmnya, langsung masuk yuk” ajak Aren.

***

Aku sama Aren baru aja keluar dari studio tempat kita nonton waktu HPku geter. Biasanya sih garagara ada SMS. Aku ambil HPku dan langsung liat SMS baru itu.

---

From: My Mom

Kamu di mana? Masih di Sutos? Kita susul ke sana aja ya?

---

To: My Mom

Iya, Oik juga mau makan. Mama, papa, sama Ozy langsung ke sini aja..

---

Ga lama setelah aku bales SMS mama, tau-tau ada tiga makhluk yang ngehampirin aku sama Aren yang lagi duduk di salah satu caffetaria cozy. Mama, papa, Ozy. Mereka langsung duduk dan ikut pesen makanan.

“Kak, di sana ada audisi Idola Cilik 3 loh. Abis ini langsung ke sana yuk, aku pengen ikut” rengek Ozy ke aku, jijik banget liat Ozy kayak gitu.

“TER-SE-RAH” jawabku jutek.

Ozy cengengesan ga jelas dan makanan pun datang, YEAY! Laper kuadrat ini, langsung makan dan ngabisin porsiku. Mama, papa, Ozy, sama Aren cengo liat aku yang udah kayak seorang spesies yang ga makan berhari-hari. Bodo amat.

Papa manggil pelayan dan pelayan tadi ngasih bill ke papa. Papa dong yang bayar. Ozy narik-narik tangan mama manja. Dia pengen cepet-cepet ikut tuh audisi deh kayaknya. Ngikut aja, dari pada ga ada kerjaan.

***

“Kak, doain Ozy ya biar bisa lolos” pinta Ozy dengan muka memelas.

Aku ngangguk males dan nunggu Ozy di luar bareng mama sama papa. Aren? Dia ngikut audisi juga. Ga heran sih, suara dia emang bagus. Bagus banget malahan. Beda sama aku yang suaranya ga karuan gini.

Setelah nunggu beberapa menit, Ozy sama Aren keluar dari ruang audisi dengan wajah yang sangat sangat sangat senang. Pasti mereka lolos audisi deh. Biarin ah. Aku ga envy kok, suara mereka emang bagus.

Mereka berdua ngangguk semangat. Aku ikut seneng. Aren langsung meluk aku. Kita semua baru aja mau keluar dari sana waktu..

CAKKA! ADA CAKKA IDOLA CILIK 2!

Oh my God, sumfah, aku melting. Ternyata dia lebih cakep dari yang biasa aku liat di TV. Unyu, chubby deh tuh pipi. Aku kalah chubby kayaknya. Haha.. Biarin ah.

“Ren, itu Cakka kan?” tanyaku dengan berbisik.

Aren ngangguk cepet sambil senyum lebar. Aku tau kalo dia juga suka sama artis cilik satu itu. Suaranya keren, pinter main gitar , dan.. Banyak! Ga heran kalo banyak yang ngefans sama dia.

Tiba-tiba dia ngarahain pandangannya ke arahku sama Aren. Dia senyum! Senyum ke.. Aku? Oke, ga bermaksud keGRan ato apa, yang jelas, dia senyum ke aku! Terima kasih telah membuat saya melting (?)

Come on Oik! Mimpi jangan ketinggian!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar