Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Our Story (2 of 6)



Oik POV





Kamis , 28 Oktober 2010


Gue Oik Cahya Ramadlani, biasa dipanggil Oik dan sekarang gue adalah siswi kelas sepuluh di SMA Pemuda Bangsa. Akhir-akhir ini gue capek banget. Gue disibukkin sama tetek bengek soal pensi yang bakal dihelat sekolah gue dalam rangka ulang tahunnya yang entah keberapa. Gue ditugasin sama Kak Zahra, Ketua OSIS gue, jadi Sie Dekorasi. Tiap hari gue kudu rela buat ga ngikutin pelajaran cuman buat bolak-balik dari satu toko ke toko yang lain dan dari satu mall ke mall yang lain buat cari peralatan. Gue bener-bener sibuk! Emang sih, gue ga sendirian di Sie Dekorasi. Gue barengan sama Acha dan Ozy. Tapi sayangnya, dua partner gue itu pada ‘gitu’. Acha sama Ozy selalu pacaran disela-sela kegiatan kita bertiga. Gua berasa jadi kambing congek deh. Sumpah demi apa pun, Kak Zahra salah milihin gua partner!


Sekarang gua lagi ada di aula sekolah. Gue ribet sama semua peralatan dekorasi, sedangkan Acha dan Ozy sibuk liat-liatan sambil ketawa-ketiwi ga jelas. Pengen banget gue bentak mereka dan nyuruh mereka buat konsen sama dekorasinya, tapi gua ga tega. Gimana ga kesel coba, acara pensi dihelat besok lusa dan persiapan dekorasi baru selesai sekitar 60%! Tanpa ba-bi-bu lagi, gue kerjain semua yang udah disuruh Kak Zahra sendirian. Gue biarin deh tuh Acha sama Ozy pacaran. Gue kudu bolak-balik dari aula sekolah ke lapangan sekolah yang jaraknya jauh banget. Gue nyiapin semua dekorasinya di aula dan setelah itu gue pasang di lapangan. Dari pada gue jauh-jauh kayak gini, mendingan gue bawa seluruh peralatan dekorasi ke lapangan sekolah.


Ternyata berat juga. Gue bawa dua tas dengan isi perlatan dekorasi dan bawa satu kardus gede yang isinya peralatan dekorasi juga. Tiba-tiba ada yang noel pundak gue dari belakang. Dan setelah gue lihat, ternyata Kak Cakka yang tadi noel pundak gue. Dia berdiri di belakang gue sambil nunjukkin senyumnya kayak biasa. Ga tau kenapa, gue jadi deg-degan ga jelas gini. Tuhan, semoga gue ga suka sama Kak Cakka! Why? Karena gue tau kalo Kak Cakka udah punya cewek yang dia sayang dari SMP dulu dan gue pastiin, kalo dia bukan gue. Sejenak, pikiran gue terus melayang sampek-sampek gue ngacangin Kak Cakka rada lamaan.


“Mau gue bantu?” tanya Kak Cakka sambil ngulurin tangannya.


“Boleh kak.. ” jawab gue sambil ngebales senyumnya.


Gue nyerahin satu kardus yang tadinya gue tenteng ke Kak Cakka. Dia nerima kardus dari gua dan senyum lagi ke arah gua. Oke God, please, jangan sampek gue ada rasa sama Kak Cakka! Ga tau gimana kacaunya wajah gue sekarang, yang pasti gue yakin kalo wajah gue memerah. Pipi gue memanas. Semoga Kak Cakka ga sadar dengan perubahan wajah gue sekarang. Kita jalan beriringan dari aula ke lapangan yang jaraknya emang jauh. Di jalan, kita ngobrol-ngobrol. Suasana jadi rada kaku gara-gara kita jarang ngobrol berdua. Kita lebih sering ngobrol bareng sama yang lainnya. Swear, gue kikuk banget dan kayaknya Kak Cakka sama kikuknya sama gue sekarang.


Setelah kita sampek di lapangan, Kak Cakka langsung taruh tuh kardus di bawah pohon yang lumayan rindang. Gue ngikutin dia dari belakang. Di lapangan ternyata lebih rame dari pada di aula. Hampir semua anggota OSIS ada di sini. Oh iya, untuk hari ini dan besok, semua siswa SMA Pemuda Bangsa diliburkan karena pihak sekolah ga mau kalo mereka ngerecokkin anak OSIS yang lagi kerja kayak sekarang ini. Setelah naruh tuh kardus, Kaka Cakka senyum lagi ke gue. Dia pamit dan menghambur ke arah Agni. Mereka berdua satu sie. Seharusnya cuman Agni yang ngerjain itu, tapi Kak Cakka bersedia bantuin dia dengan alesan Agni masih kelas sepuluh dan yakin kalo Agni masih bingung dengan tugas yang Kak Zahra kasih ke dia.


“Oik! Kok gue sama Ozy ditinggalin sih?!” sentak Acha pada gue.


“Nyantai Cha! Kaget nih gua” seru gua sambil ngelus dada gue.


“Kok lo ninggalin gue sama Acha sih?!” tanya Ozy, mereka berdua lalu duduk di sebelah gue dan mulai ngebantu gue ngurus perlatan dekorasi ini.


“Kalian kayaknya asyik banget sih pacarannya. Ya udah deh, gue tinggalin aja kalian berdua ke sini. Dari pada di sana gue jadi kambing congek” jawab gue dengan santainya.


Gue kembali ngarahin pandangan gue ke Agni dan Kak Cakka yang lagi berdiri di tengah lapangan sambil diskusi tentang jalannya acara buat pensi besok lusa. Gue udah bilang belom kalo di acara pensi besok lusa gue ikutan ngisi acara? Belom ya kayaknya. Jadi gini, Kak Zahra minta gue buat ngisi acara juga. Dia minta gue buat nyanyi. Lagunya sih terserah. Liat aja besok lusa gue bakalan nyanyi lagu apa. Gue lihat kalo Agni sama Kak Cakka akrab banget. Mereka juga bercandaan. Keliatan banget kalo mereka berdua sama-sama nikmatin momen itu. Kak Cakka emang lebih pantes sama Agni yang manis itu ketimbang sama gue yang cuman kayak gini. Agni bisa main gitar dan gue ga. Agni bisa basket dan gue ga. Agni ga penyakitan dan gue penyakitan. Gue punya asma yang bisa kambuh sewaktu-waktu. Itu tadi udah cukup ngebuktiin kalo Kak Cakka lebih pantes sama Agni. Bukan sama gue, Oik Cahya Ramadlani. Gue cuman bisa senyum miris ngeliat keakraban mereka berdua dari jauh. Semoga gue bisa tahan emosi dan luapan air mata gue yang udah menuhin pelupuk mata.


“Ik, lo ngeliatin siapa sih?” tanya Acha sambil celingukan.


“Ga, bukan siapa-siapa kok” elak gue, dengan satu gerakan cepat gue apus bening-bening kristal yang udah hampir membasahi pipi chubby gue.


“Lo nangis?” tanya Ozy kaget.


“Ga, gue cuman kelilipan kok. Di sini kan banyak debu” lanjut gue dengan kembali nunjukkin senyum gue, kali ini senyum terpaksa yang gue lukisin di bibir mungil gue.


^^^


Jumat, 29 Oktober 2010


Hari ini tingkat kesibukkan gue makin meningkat. Gue udah berangkat ke sekolah pagi-pagi banget. Bayangin aja, sekarang baru jam lima pagi dan gue udah ada di lapangan sekolah. Pagi-pagi buta tadi, setelah gue sholat subuh, gue langsung berangkat ke sini. Tanpa sarapan. Dan gue yakin kalo maag gue pasti kambuh ntar. Sekolah masih sepi. Baru ada gue dan beberapa anggota OSIS lainnya. Gue duduk tepat di tempat yang sama kayak kemarin. Di bawah pohon yang lumayan rindang. Kak Cakka ngamprin gue. Warna baju kita rupanya senada. Kak Cakka make baju warna merah dan gue warna pink. Dia langsung duduk di sebelah gue dan ikutan ngurusin peralatan dekorasi ngebantuin gue.


“Kok lo udah dateng pagi-pagi gini?” tanya Kak Cakka dengan tetep menaruh perhatiannya kepada alat dekorasi di hadapannya.


“Ga papa kak. Biar bisa selesai tepat waktu. Gue juga ga bisa nungguin Acha sama Ozy buat bantu gue. Mendingan gue kerjain apa yang gue bisa dan ngebiarin Acha Ozy ngebantu gue semampu mereka” jawab gue.


“Terus, yang kerja cuman lo dong?” kali ini Kak Cakka natap gue dengan wajah kagetnya.


“Ga papa kali kak.. Toh buat sekolah kita juga. Lagian kan Acha sama Ozy baru aja jadian, gue yakin mereka pasti butuh banyak waktu buat nyesuaiin diri. Biar gue yang ngerjain sebagian besarnya dan mereka bantu-bantu aja” lanjut gue, gue kembali terfokus dengan segunung peralatan dekorasi yang udah siap dipasang.


Gue bangkit dari duduk gue sambil nenteng beberapa peralatan dekorasi yang udah siap buat dipasang. Kak Cakka ngikutin gue dan ngebantu gue buat masang beberapa alat dekorasi tadi. Gue ga nyangka kalo ternyata Kak Cakka se-care ini sama gue. Akhirnya gue bisa akrab sama Kak Cakka. Kita berdua ketawa bareng pas lagi masang peralatan dekor tadi. Gue juga ga nyangka kalo ternyata Kak Cakka suka ngebanyol. Matahari semakin menampakkan dirinya dan lambat laun, anak-anak OSIS mulai berdatangan. Acha dan Ozy juga baru aja dateng. Mereka nyelesaiin ngerapiin alat dekor yang belom sempet gue rapiin. Dan akhirnya Agni dateng. Dia langsung nyamperin gue dan Kak Cakka yang baru aja selesai masang alat-alat dekor.


“Kak Cakka, kita langsung aja yuk. Ngatur waktu buat acara besok” ajak Agni dengan sumringah, disertai senyumnya yang semakin mengembang.


Kak Cakka ngangguk, “Ik, gue duluan ya. Gue mau ngatur waktu nih.. ” pamitnya ke gue, gue ngebales itu dengan senyum gue.


Gue kembali terbenam dalam peralatan dekorasi yang belum sepet gue dan Kak Cakka selesaiin tadi. Gue pun akhirnya larut dalam candaan Ozy. Gue tau kalo sekarang adalah momen yang paling bisa buat gue senyum lagi. Banyolan Ozy emang ga ada duanya. Kita bertiga kerja dengan diiringi banyolan Ozy. Akhirnya, setelah empat jam kita kerja, dekorasinya selesai juga. Kita bertiga langsung masang itu. Setelah kita pasang, kita pergi ke kantin buat istirahat. Kita makan dan kembali tertawa karena banyolan Ozy. Selesai makan, gue ninggalin Ozy dan Acha di kantin. Gue lari ke taman belakang sekolah. Di sana sepi dan yang gue suka, gue bisa ngeluapin semua emosi gue di sana. Saat-saat kayak gini, waktu gue lagi sendiri, gue jadi pengen nangis. Nyesek sama semuanya. Nyesek sama Kak Cakka yang akrab banget sama Agni.


“Tuhan, gue sayang dia. Tapi kalo emang bukan gue yang terbaik buat dia, gue rela kok kalo dia sama yang lain. Yang lebih segala-galanya dari gue” lirih gue disela isakan tangis.


“Gue belom pernah loh liat lo nangis kayak gini” sahut seseorang.


Dia.. Kak Cakka. Dia tau-tau duduk di bangku sebelah gue dan mandang langit dengan awannya. Gue cepet-cepet hapus air mata gue dan berusaha buat ga nangis di depan Kak Cakka. Sejenak, gue jadi ngerasa nyaman karena ada Kak Cakka di deket gue. Tapi setelah itu, momen saat Kak Cakka dan Agni lagi ketawa bareng kembali terputar di otak gue. Gue segera singkirin jauh-jauh perasaan gue ke Kak Cakka. Dada gue kembali sesek saat inget momen itu. Gue ga muna, gue emang sayang Kak Cakka dan gue pengen Kak Cakka jadi milik gue. Tapi mau gimana lagi? Bukan gue yang Kak Cakka pengen jadi ceweknya.


“Lo kenapa nangis?” tanya Kak Cakka.


“Ga papa kak.. Lagi nyesek aja. Oh iya, Kak Cakka ngapain ke sini?” tanya gue balik.


“Gue cuman ngasih tau ke lo kalo besok lo tampil paling awal. Ceritanya ya lo opening lah. Bisa kan?” kata Kak Cakka, dia noleh ke gue sambil senyum.


“Bisa kok.. Lagunya gimana ya?” gumam gue, bingung.


“Sesuaiin sama isi hati lo sekarang.. ” pesan Kak Cakka.


^^^


Sabtu, 30 Oktober 2010


Baru aja gue sampek, gue udah ditarik buat naik ke atas panggung. Kak Zahra narik gue dan ngedorong gue buat cepet-cepet naik ke atas panggung. Kayaknya udah waktunya gue perform deh. Gue pun naik ke atas panggung. Sekarang gue udah ada di atas panggung. Gue bakalan nyanyiin sebuah lagu yang emang gue banget. Pas sama isi hati gue sekarang ini.


“Selamat pagi semuanya.. Kali ini saya akan menyanyikan sebuah lagu yang memang cocok banget sama isi hati saya saat ini” kata gue, membuka perform.



Apalah arti cinta, bila aku tak bisa

Memilikimu..
Apalah arti cinta, bila pada akhirnya
Tak ‘kan menyatu..

Sesulit inikah jalan takdirku

Yang tak inginkan kita bahagia

Bila aku tak berujung denganmu

Biarkan kisah ini ku kenang selamanya
Tuhan tolong buang rasa cintaku
Jika tak kau ijinkan aku bersamanya

Inilah saatnya aku harus melepaskan dirimu


Tuhan tolong buang rasa cintaku

Jika tak kau ijinkan aku bersamanya

Setelah gue selesai nyanyi, gue lihat kalo Kak Cakka lagi duduk sebelahan sama Agni. Mereka berdua ketawa bareng. Dada gue sesek lagi. Nyesek banget! Gue langsung lari nurunin panggung sambil nutup sebagian wajah gue yang keliatan merah karena gue nangis. Bening-bening kristal itu kembali ngebasahin pipi gue. Oke, gue emang bukan siapa-siapa Kak Cakka dan gue ga punya hak buat ngelarang dia deket sama cewek lain. Tapi bisa ga sih kalo Kak Cakka ngejaga dikit aja sikapnya? Gue ga bakalan sedown ini kalo Kak Cakka bisa jaga jarak sama Agni! Gue terus lari, ga perduli dengan temen-temen gue yang ngejar gue dan tanya gue kenapa. Gue berhenti di gerbang sekolah dan nyetop taxi. Gue masuk dan gue pulang. Di jalan, gue lihat Kak Cakka lagi ngebonceng Agni. Hati gue makin sakit ngeliat itu. Mungkin lebih baik, gue ngilangin nama Kak Cakka dari hati gue dan ngeganti nama Kak Cakka dengan nama cowok lain. Cowok yang bisa jaga perasaan gue dan bisa buat gue senyum.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar